Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima

Yang mana memiliki karakteristik khusus berupa atapnya yang berbentuk limas serta tangga bagian depan rumah yang berjumlah ganjil. Rumah adat Bubungan Lima tersebut merupakan rumah dengan gaya panggung yang ditopang dengan beberapa tiang penopang.

041c1bd62c8609fa49ca5ca374ee8d71 Helpshared Com Di 2021 Gambar Indonesia

Nama Bubungan Lima diambil dari bentuk atap rumah itu.

c89fbe96863169a44afb5545a7c9ab89

Rumah adat bengkulu bubungan lima. Sama seperti rumah panggung Rumah Bubungan Lima ini ditopang oleh tiang-tiang pada bagian penopang nya. Rumah adat Bengkulu bernama rumah Bumbungan Tinggi namun oleh masyarakat Bengkulu lebih sering disebut rumah Bubungan LimaSecara umum bangunan rumah adat Bengkulu adalah rumah panggung yang ditopang oleh beberapa tiang. Rumah adat ini dipercaya sudah ada sejak jaman.

Rumah adat ini dinamakan Bubungan Tinggi tetapi warga asli Bengkulu sering menyebutnya dengan Bubungan Lima. Bubungan Tinggi Bubungan Lima Bubungan Limas Bubungan Haji dan Bubungan Jembatan. Terdapat 4 Kelompok Ruangan Rumah Bubungan Lima.

Sehingga orang-orang yang ingin masuk rumah menggunakan tangga. Meskipun terhitung provinsi yang masih muda Bengkulu tidak kehabisan cara dalam membuat kagum lewat kebudayaan. Bubungan lima merupakan salah satu bentuk rumah tahan banjir yang merepresentasikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Bengkulu.

Rumah ini bukanlah rumah tinggal seperti pada umumnya. Pada umumnya rumah ini berupa rumah panggung dengan beberapa tiang yang menopangnya. Rumah ini biasanya dipakai untuk acara adat masyarakat Bengkulu.

Susunan rumah Bubungan Lima nampaknya cukup banyak namun sadarkah kalian bahwa rumah tersebut sebenarnya dikelompokan menjadi 4 tipe area. Rumah ini terbagi atas tiga bagian yaitu rumah bagian atas rumah bagian tengah dan rumah bagian bawah. Rumah ini memiliki model seperti rumah panggung yang ditopang oleh beberapa tiang penopang.

READ :   Suku Bangsa Beserta Nama Bahasa Daerah Nama Rumah Adat Nama Tarian Daerah Nama Pakaian Daerah

Tahukah kamu kalau rumah adat Bengkulu tersebut diperkirakan sudah ada pada tahun 1916-an. Desain terhadap gempa ini bisa dilihat dari struktur bangunan rumah yang terdiri dari 15 buah tiang penyangga dengan tinggi mencapai 18 meter. Tahukah anda bahwa rumah adat bengkulu tersebut diperkirakan sudah ada pada tahun 1916 an.

Rumah Adat Bengkulu memiliki sebutan lain seperti. Tidak seperti rumah tinggal pada umumnya biasanya cenderung digunakan untuk tempat acara masyarakat Bengkulu. Provinsi yang berada di bagian barat daya Sumatera ini sebenarnya memiliki beberapa macam rumah adat seperti Bubungan Lima Kubung Beranak Umeak Potong Jang Patah Sembilan dan sebagainya.

Ruangan yang terdapat di rumah Adat Bengkulu antara lain ada barendo hall bilik gadis ruang tengah ruang makan garang dapur. Rumah Bubungan Lima adalah rumah adat dari provinsi Bengkulu. Rumah Bubungan Lima dan juga jenis rumah adat lainnya di Bengkulu merupakan rumah fungsi khusus yaitu digunakan untuk acara kelahiran penyambutan tamu pernikahan atau kematian.

Misalnya Bubungan Limas Bubungan Haji dan Bubungan Jembatan. Ringkasan Tentang Rumah Bubungan Lima. Rumah bubungan lima adalah rumah adat dari daerah BengkuluDiperkirakan sudah ada dibengkulu sejak tahun 1916-an.

Selain Bubungan Lima rumah panggung khas Bengkulu ini memiliki bentuk atap lainnya seperti bubungan limas bubungan haji dan bubungan jembatan. Rumah bubungan lima dirancang untuk melindungi penghuninya dari banjir dan hewan buas. Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang terletak di barat daya Pulau Sumatera.

Rumah adat atau rumah tradisional di provinsi Bengkulu yang terkenal adalah Rumah Bubungan Lima. Seperti rumah adat pada umumnya nama Bubungan Lima diambil dari bentuk atapnya akan tetapi rumah ini juga memiliki sebutan lain. Misalnya rumah adat Bengkulu yang memiliki keragamannya masing-masing.

READ :   Rumah Adat Modern

Provinsi ini ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 18 November tahun 1968. Rumah adat Bubungan Lima merupakan rumah panggung yang di desain untuk tahan terhadap goncangan gempa. Tangganya dari kayu menghadap ke depan dengan anak tangga berjumlah ganjil.

Nama Bubungan Lima dirujuk dari kata bubung yang dalam bahasa Melayu berarti atap kemudian mendapat imbuhan sesuai dengan bentuk atap yang digunakan. Pernahkah pembaca mendengar nama rumah adat Bubungan Lima. Rumah ini bukanlah rumah tinggal seperti pada umumnya.

Provinsi Bengkulu ini memiliki rumah adat resmi dan bentuknya yang sangat unik karena seperti namanya Bubungan Lima yang bentuk atapnya memiliki bentuk atap yang sama seperti Bubungan Lima Bubungan Haji dan Bubungan Jembatan. Rumah adat Bengkulu memang mempunyai ciri khas dan keunikan yang berbeda dengan rumah adat lain di Indonesia. Warisan arsitektur budaya Indonesia sangat beragam kamu bisa melihatnya pada rumah adat dari setiap daerah di Indonesia.

Salah satu yang paling terkenal adalah Rumah adat Bubungan Lima. Rumah adat ini memiliki bentuk atap yang berbentuk limas dengan tinggi yang dapat mencapai 35 meter. Sehingga desain rumah adat Bengkulu ini disesuaikan dengan kondisi daerah tersebut.

Rumah adat Bengkulu pun unik dan berbeda. Jenisnya mirip rumah panggung seperti halnya dengan kebanyakan rumah tradisional daerah lain di Indonesia. Itu merupakan nama rumah adat daerah Bengkulu.

Arsitekturnya khas sebagai hasil cipta rasa dan karsa masyarakat Bumi Rafflesia julukan Bengkulu. Selain bubungan lima ada beberapa desain atap yang dapat kita temukan pada rumah adat Bengkulu ini misalnya desain atap bubungan haji bubungan limas dan bubungan jembatan. Rumah bubungan lima merupakan rumah adat masyarakat melayu lembakSelain sebagai rumah tinggal rumah adat bubungan lima memiliki fungsi khusus yaitu merupakan rumah yang khusus dipergunakan untuk keperluan ritual adat atau acara adat seperti penyambutan tamu kelahiran perkawinan.

READ :   Rumah Adat Suku Madura

Keunikan Dan Ciri Khas Rumah Bubungan Lima. Atap tersebut biasanya dibuat dari bahan ijuk kendati belakangan penggunaan genteng dan seng lebih populer. Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima.

Asal usul Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima Rumah adat Bubungan Lima mengacu pada suatu arsitektur tradisional berbentuk rumah panggung yang dibuat dari bahan kayu. Rumah bubungan lima adalah rumah adat dari provinsi bengkulu. Rumah adat Bengkulu yang dinamakan Bubungan Lima adalah rumah panggung yang didesain agar tahan terhadap guncangan gempa.

Ada tiga bagian pada rumah ini yaitu bagian atas tengah dan bawah. Jenis rumahnya berbentuk rumah panggung. Masyarakat tradisional Bengkulu memiliki beberapa macam rumah adat seperti Bubungan Lima Kubung Beranak Umeak Potong Jang Patah Sembilan dan sebagainya.

bc523fb332eb63a15c239655e11fa91c Custom House From Bangka Belitung Islands Http Ebarah Com Custom House From Bangka Belitung Traditional Architecture Traditional House Traditional Building

a314a1abd44e791a19de9aee0d5dbd1b Indonesian Classroom Activity Colouring Page Rumah Adat Traditional House Bengkulu Traditional House House Colouring Pages Traditional

c89fbe96863169a44afb5545a7c9ab89 Custom House From Bangka Belitung Islands Http Ebarah Com Custom House From Bangka Belitung Traditional Architecture Traditional House Traditional Building

fd1ac8510879c09437df02248ece417f 34 Nama Pakaian Adat Nama Tarian Adat Nama Rumah Adat Dan Senjata Tradisional Di Indonesia 1 Provinsi Nanggroe Aceh Dar Tarian Kerja Kelompok Kalimantan

9a296ca3fcc55a9bca044826d32bc470 Rumah Adat Bengkulu Rumah Tradisional Bubungan Lima Bengkulu Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *